Powered by Blogger.

Tuesday, May 16, 2017

Mahasiswa PGSD Melakukan Kunjungan Lapangan di Bulukumba

Rombongan Mahasiswa Prodi PGSD UNM Bersama dengan Balitbangda Bulukumba

Bulukumba, 13-14 mei 2017. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM yang tergabung dalam Program Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) melakukan Kunjungan Lapangan di Kabupaten Bulukumba. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bulukumba Bapak Muhammad Amral.

Dalam kunjungannya ini, Mahasiswa Prodi PGSD UNM melakukan observasi kawasan alam Bulukumba. Rombongan didampingi langsung oleh Dr. Baharuddin kepala bidang Penelitian dan Riset Daerah serta Andi Wahyuddin, kepala seksi lingkungan hidup mengunjungi Kawasan Hutan Kota Bulukumba dengan luas 4,5 Ha, kawasan yang dulunya sering disebut sebagai jamban terpanjang ini kini menjadi kawasan hijau yang ditata dengan baik oleh Pemerintah Bulukumba dan juga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat setempat dan wisatawan.

Rombongan juga mengunjungi Hutan Mangrove di Dusun Luppung Desa Manyampa. Hutan mangrove seluas 10 Ha ini rencananya akan dijadikan kawasan ekowisata. Hutan mangrove ini adalah hasil dari penanaman oleh Mahasiswa dari 17 Universitas yang ada di Sulawesi Selatan. Bapak Baharuddin menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Balitbangda untuk melakukan perbaikan dan pengembangan beberapa daerah di Bulukumba nantinya tidak hanya mempercantik dan memperindah, namun juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat setempat terutama dalam perekonomian warga.


Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si selaku Dosen Pembimbing pada Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup mengatakan bahwa setelah proses perkuliahan dan kunjungan lapangan ini diharapkan Mahasiswa lebih memahami tentang pendidikan lingkungan dan yang terpenting adalah peduli dengan lingkungan.

0 comments:

Post a Comment