Powered by Blogger.

Thursday, November 10, 2016

Kunjungan SDIT Al-Biruni

Foto Bersama Siswa Al-Biruni
Makassar, 31 Oktober 2016. Laboratorium IPA PGSD FIP UNM kedatangan tamu, yaitu Adik-adik Siswa SDIT Al-Biruni. Kedatangan mereka adalah dengan sebuah tujuan yang begitu mulia, yaitu untuk menuntut ilmu. Di Laboratorium IPA, asisten menyajikan dua Percobaan yang akan diberikan kepada siswa SDIT Al-Biruni, yaitu percobaan anatomi katak (bedah katak) dan percobaan listrik.

Percobaan katak adalah percobaan yang membuat siswa-siswa sangat antusias. Siswa diberikan kesempatan untuk mengambil katak mereka sendiri di dalam akuarium. kemudian memasukkan katak kedalam toples dan membius katak tersebut. Walaupun beberapa dari mereka merasa takut dan geli dengan katak, siswa-siswa SDIT Al-Biruni ini tetaplah semangat dan melawan rasa takut mereka untuk membedah katak. Percobaan ini bertujuan untuk melihat secara langsung struktur anatomi katak.

Proses pembedahan katak
Percobaan kedua yang kedua yaitu rangkaian listrik. Pada percobaan ini, siswa dibimbing dalam merangkai rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel, serta merangkai dengan memadukan rangkaian listrik seri dan paralel. Percobaan ini memiliki tujuan untuk memahamkan siswa tentang rangkaian tertutup dan rangkaian terbuka, memberikan pemahaman perbedaan antara rangkaian listrik seri dan paralel.
Percobaan Rangkaian Listrik
Melalui praktikum yang diberikan kepada siswa SDIT Al-Biruni ini diharapkan siswa dapat memahami struktur anatomi luar dan dalam tubuh katak, serta mengetahui fungsi dari organ dalam katak. Siswa juga diharapkan dapat memahami rangkaian listrik terbuka dan tertutup serta perbedaan rangkaian seri dan paralel.

0 comments:

Post a Comment