Powered by Blogger.

Wednesday, April 30, 2014

Bahaya Membunyikan Persendian Tulang



Membunyikan Ruas Jari
Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia adalah suka membunyikan ruas-ruas jari tangannya, bahkan juga jari kaki, leher, punggung dan bagian persendian tubuh yang lain.

Terkadang kita tidak tahan jika tidak membunyikan ruas-ruas tulang, misalnya saja membunyikan ruas tulang jari kita, akan terasa nyaman dan puas setelah melakukan hal tersebut dan menganggap hal ini salah satu cara menambah percaya diri dan menghilangkan pegal.

 
                Suara yang bunyinya seperti tulang patah ini sebenarnya bukanlah benar-benar bunyi tulang Anda yang patah. Suara itu merupakan bunyi dari gelembung udara yang ada di persendian yang meletup ketika Anda "mematahkan" jari Anda.

Jari Tangan
Ada banyak bahaya yang menanti dibalik kegiatan membunyikan persendian tulang leher, jari tangan & kaki dan punggung, diantaranya adalah:

1.      Memiliki sendi yang membesar.
2.  Tangan menjadi lebih lemah, berkurang seperempat dari kekuatan tangan yang     seharusanya.
3.      Dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis.
4.    Bisa mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak. Efek yang ditimbulkan biasanaya orang tersebut akan berjalan seperti robot, karena otak gagal memberi instruksi kepada organ-organ tubuh untuk melakukan apa yang diinginkan.

Pegal
Ada beberapa tips Menghilangkan Sakit atau Pegal khususnya dibagian leher,  anda dapat memanfaatkan tekanan air dari shower pada area yang pegal, leher belakang bisa dikompres dengan air hangat menggunkan washlap/handuk kecil. Atau gerakan leher perlahan, 4 atau 5 kali. Putarlah kepala ke kanan atau kekiri dengan perlahan dan hati-hati.
Tetapi tetap saja membunyikan ruas tulang itu termaksud dalam kebiasaan yang kurang baik, jadi perlu bongkar kebiasaan lama. Mengubah kebiasaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu motivasi dan niat yang kuat akan mengubah suatu kebiasaan.


DAFTAR PUSTAKA:
Yahoo. “bahaya-membunyikan-persendian-tulang-leher-dan-lainnya”. http://www.inicaraku.com/bahaya-membunyikan-persendian-tulang-leher-dan-lainnya.html. (diakses pada tanggal 20-4-2014).
Yahoo. “mengapa-membunyikan-leher-dan-buku-jari”. http://www.apakabardunia.com/2012/06/mengapa-membunyikan-leher-dan-buku-jari.html. (diakses pada tanggal 20-4-2014).

0 comments:

Post a Comment