Powered by Blogger.

Thursday, April 10, 2014

Kenapa jari mengkerut bila direndam didalam air?

Tangan Mengkerut
Jari keriput biasanya akan muncul ketika terkena air dalam waktu yang cukup lama, terutama ketika berenang. Ini bisa sangat menjengkelkan, tetapi jari keriput ternyata bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas di air.

Keriput di tangan terjadi karena seluruh saraf di telapak tangan hingga ujung-ujung jari bereaksi karena adanya stimulasi atau rangsangan. Jika berendam di air, saraf kita menerima rangsangan dari air.


Telapak tangan kita ini sebenarnya punya pori2 yang banyak. Ada kira-kira 400-500 pori-pori yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat. Tak heran saat kita berendam di air, otomatis air juga dapat dengan mudah meresap ke dalam tubuh lewat pori-pori ini. Lapisan dermis yang tadinya kenyal karena adanya lapisan minyak itu juga perlahan hilang karena serapan air yang banyak ke pori2 itu.

Mencuci tangan
Masuknya air merupakan rangsangan bagi urat saraf. Urat saraf akan mengkerut dengan cepat, saat mengerut, saraf ikut menarik pembuluh darah di jari. Kulit disekitar pembuluh darah pun ikut tertarik. Maka timbulah keriput.

Semakin banyak keriput yang terjadi, berarti urat saraf anda semakin sehat. Sebab, semakin banyak urat saraf yang merespon rangsangan. Keriput di tangan ini malah membantu dokter dalam mendiagnosa kelainan atau kerusakan saraf pasien yang disebabkan oleh diabetes dan lepra. Caranya memang tidak dengan merendamnya di air, tetapi dengan anastesi.

Mencuci Piring
Manfaat dari mengkerutnya jari tangan kita membantu dalam memegang benda yang ada dalam air, simpelnya saat kita cuci piring pasti teman-teman perna melakukan hal ini apalagi bagi yang punya kos, kalau diperhatikan saat kita mencuci piring terlihat jari tangan kita mengkeriput dan jari kita itu membantu dalam menggemgam piring tersebut sehingga piring tidak terasa licin dan terasa kesat, beda seandainya jika tangan kita tidak keriput akan sedikit menyulitkan dalam menggemgam benda yang berada didalam air dan akan terasa licin.
Hasilnya, jari keriput lebih cepat saat memungut benda basah. Dan sebaliknya, jari keriput justru sulit memindahkan barang yang kering. Smulders menambahkan, kerutan jari kaki di kamar mandi juga bisa membantu ketika berjalan dan berlari di dasar yang licin.


DAFTAR PUSTAKA:
Yahoo. “Manfaat Jari Keriput”.https://id.she.yahoo.com/inilah-manfaat-dibalik-jari-keriput-ketika-terendam-dalam-040940852.html. (diakses pada tanggal 10-4-2014).

Yahoo.“Penyebab Tangan Keriput di Air”. https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid= 20110329020355AAlXMsK. (diakses pada tanggal 10-4-2014).

0 comments:

Post a Comment