Powered by Blogger.

Monday, April 7, 2014

SUMBER DAYA ALAM


Judul: SUMBER DAYA ALAM

I.       KAJIAN PUSTAKA
A.      Berbagai Jenis Sumber Daya Alam

Jenis-jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia, antara lain tumbuhan, hewan, air, tanah, batuan, dan bahan galian. Tumbuhan sangat bermanfaat bagi manusia. Tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan makanan. Makanan yang kita makan, seperti nasi, tempe, sayur-sayuran, dan buah-buahan berasal dari tumbuhan.
Tumbuhan dapat juga digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian dan perabot rumah tangga. Kapas di gunakan sebagai bahan untuk membuat kain katun. Meja, kursi, dan lemari dibuat dari batang kayu tumbuhan. Manusia menanam tumbuhan dengan cara bercocok tanam. Salah satu cara bercocok tanam adalah bertani. Tahukah kamu manfaat hewan bagi manusia? Perhatikan olehmu Tenaga hewan kadang dimanfaatkan oleh manusia. Kerbau atau sapi digunakan petani untuk membajak sawah. Kuda digunakan untuk menarik delman. Selain itu, hewan dapat dijadikan bahan makanan. Bahan makanan, seperti daging, telur, susu, dan ikan semuanya berasal dari hewan Hewan dimanfaatkan manusia dengan cara diternakkan atau menangkapnya langsung dari alam bebas. Beternak merupakan kegiatan memelihara dan mengembang biakkan hewan.
Air dapat digunakan untuk mengairi sawah, minum, mandi, mencuci, transportasi, dan pembangkit listrik. Adapun tanah digunakan untuk menanam tanaman, mem bangun rumah, dan membuat barang-barang rumah tangga. Batu-bata, genting, kendi, dan pot terbuat dari bahan tanah. Adapun batuan banyak digunakan untuk membangun rumah dan jalan. Lantai rumah adayang dibuat dari batu marmer. Barang-barang seni ada juga yang dibuat dari batu, seperti batu pualam. Contoh sumber daya alam lainnya adalah bahan tambang, seperti minyak bumi, batu bara, besi, dan emas. Minyak tanah, solar, dan bensin berasal dari minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar. Besi digunakan sebagai bahan bangunan. Emas digunakan untuk perhiasan.
Untuk kelangsungan hidupnya, manusia bergantung pada sumber daya alam. Sumber daya alam tidak dapat dimanfaatkan jika lingkungan mengalami kerusakan. Rusaknya lingkungan dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidup.
Berdasarkan manfaatnya, sumber daya alam terbagi menjadi:
a. Sumber daya alam penghasil energy seperti matahari, gelombang laut, gas bumi, dan angin.
b. Sumber daya alam penghasil bahan baku seperti hutan, laut, dan tanah.
c. Sumber daya alam untuk kenyamanan seperti udara bersih dan pemandangan alam.
Menurut ketersediaanya di alam dapat dikelompokkan menjadi:
a. Sumber daya alam yang kekal seperti sinar matahari, ombak, angin, air terjun, dan arus laut merupakan sumber daya alam yang selalu tersedia dan tidak akan habis meskipun setiap saat dimanfaatkan.
b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, batu bara, logam (aluminium, bijih besi, dan sebagainya) dan gas bumi merupakan sumber daya alam dengan persediaan yang terbatas dan tidak dapat dibuat atau dibentuk lagi setelah habis.
c. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti berbagai jenis tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dibentuk lagi jika rusak atau habis.
Jika dilihat menurut jenisnya, kita akan mendapati dua macam sumber daya alam yaitu:
a. Sumber daya alam nonhayati, meliputi segala sesuatu yang bukan makhluk hidup, seperti udara, batu bara, logam, dan lain-lain.
b. Sumber daya alam hayati, meliputi berbagai makhluk hidup, sepertiberbagai mikroorganisme, tumbuhan, dan hewan.
B.         Perilaku Manusia Terhadap Sumber Daya Alam
Menanam Kembali
  Perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap ling kungan, antara lain sebagai berikut.
1. Menanam kembali tanah yang gundul dengan pepohonan.
2. Membersihkan lingkungan sekitar dari timbunan sampah.
3. Menghemat pemakaian bahan bakar dari minyak bumi.
4. Melindungi hewan-hewan di hutan agar tidak punah.
Pembakaran Hutan
 Adapun, perilaku yang merusak lingkunganadalah sebagai berikut.
1. Menebang pohon-pohon di hutan secara sembarangan.
2. Menangkap dan membunuh hewan-hewan   yang langka.
3. Mencemari air dan tanah dengan membuang  sampah atau limbah.
4. Menangkap ikan dengan menggunakan racun atau bahan peledak.
5. Boros dalam pemakaian bahan bakar minyak.
C.           Energi Alternatif
          Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut.
1.      Energi Matahari
 
Panel surya
Dengan menggunakan peralatan canggih, energi matahari dapat diubah menjadi energy bentuk lain. Misalnya, sel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik.



2.      Energi Angin
kincir
Angin juga merupakan sumber energi alternatif. Di negara Belanda, kincir sudah menjadi energy utama. Mereka memanfaatkan kincir untuk membangkitkan listrik.


3.      Energi air
air terjun
Di Indonesia air terjun banyak ditemukan. Air terjun merupakan salah satu sumber daya energi. Air terjun tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik tenaga air disebut PLTA.


4.      Panas Bumi
PLTU
Panas bumi juga merupakan sumber energi. Panas bumi dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik tenaga panas bumi biasa disebut PLTU.

0 comments:

Post a Comment