Powered by Blogger.

Monday, June 8, 2015

BIDANG MIRING

BIDANG MIRING
Bidang miring ialah sebuah pesawat sederhana yang digunakan untuk memudahkan pemindahan suatu beban ke tempat yang lebih tinggi, dengan cara mendorong beban daripada dengan mengangkat beban itu. Dengan bidang miring, gaya yang diperlukan menjadi lebih kecil dan jarak perpindahan menjadi lebih besar. Misalkan seseorang akan memindahkan sebuah peti ke dalam truk setinggi h dengan bidang miring. Besar usaha yang diperlukan untuk memindahkan peti tersebut adalah berat beban (w) dikalikan dengan jarak yang harus ditempuh beban (h). Ternyata, orang tersebut tidak mampu mengangkat peti. Untuk memudahkannya, diambilnya papan sepanjang s, lalu dijadikan bidang miring. Jika gaya yang diberikan sebesar F, usahanya adalah F . S.

Rumus yang berlaku dalam bidang miring adalah sebagai berikut:
w . h = F . s atau F = w . h / s
Berat beban (w) = m . g, sehingga gaya yang diperlukan adalah:
F = m . g . h / s
Keterangan: F = gaya (Newton), m = massa beban (kg), g = percepatan gravitasi (m/s^2), h = tinggi bidang miring, s = panjang bidang miring.
Keuntungan mekanik bidang miring dirumuskan:
w / F = s / h
Semakin panjang bidang miring yang digunakan akan semakin besar keuntungan mekanik yang diberikan dan semakin kecil gaya yang diperlukan. Contoh pesawat sederhana yang menggunakan prinsip bidang miring adalah sekrup. Sekrup diputar dengan gaya lebih besar daripada usaha yang dibutuhkan sehingga sekrup dapat menembus kayu.


http://informasiana.com/pesawat-sederhana-di-bidang-miring/

0 comments:

Post a Comment