Powered by Blogger.

Sunday, February 2, 2014

TUMBUHAN


Kajian Pustaka
   A.    Penggolohan Tumbuhan Berdasarkan Bunganya
Berdasarkan ada tidaknya bunga, tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu tumbuhan berbunga dan tumbuhan tak berbunga.
Bunga Mawar
 Tumbuhan berbunga pada umumnya memiliki bagian-bagian tertentu, seperti akar, batang, daun, bunga,buah, dan biji. Tumbuhan berbunga antara lain mawar, melati,anggrek, dan pohon buah-buahan. Tumbuhan bunga berkembangbiak dengan biji atau tunas.
suplir
Tumbuhan tidak berbunga memiliki bagian-bagian berbeda dengan tumbuhan berbunga. Tumbuhan tidak berbunga tidak memiliki bunga, buah, dan biji. Contoh tumbuhan tidak berbunga adalah suplir, paku ekor kuda, dan tanduk rusa.
 Tumbuhan tidak berbunga berkembang biak dengan spora yang terletak dibalik daunnya.




   B.     Penggolohan Tumbuhan Berdasarkan Bijinya
Tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi dua golongan berdasarkan jumlah keeping bijinya, yaitu tumbuhan biji berkeping dua (dikotil), dan tumbuhan berbiji satu (monokotil).
Tumbuahn dikotil adalah tumbuhan yang memiliki dua buah keeping biji. Kedua keeping biji tersebut tanpak jelas pada saat biji berkecambah. Tumbuhan dikotil antara lain kacang-kacangan, ubi kayu, papaya, jambu, jeruk, tomat dan kembang sepatu.
Tumbuhan monokotil adalah tumbuahan yang mempunyai satu keeping biji contoh tumbuhan monokotil antara lain padi, jagung, tebu, kelapa, pisang, anggrek,dan bawang.


   C.     Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Akarnya
Berdasarkan jenis akarnya, tumbuhan digolongkan menjadi dua, yaitu tumbuhan berakar serabut dan tumbuhan berakar tunggal.
Akar serabut berbentuk seperti serabut. Bagian ujung dan pangkal akar berukuran hamper sama besar. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monokotil), misalnya jagung, padi dan tebu.
Akar tunggang memiliki akar pokok. Akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian menjadi bagian akar yang lebih kecil. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan biji berkrping dua (dikotil), misalnya mangga, jeruk, bayam, jambu, singkong, papaya dan kacang-kacangan.
 
a. Serabut                    b. Tunggang
   D.    Penggolangan Tumbuhan Berdasarkan Batangnya

Berdasarkan batangnya ada tiga jenis tumbuhan, yaitu tumbuhan batang basah, tumbuhan batang berkayu, dan tumbuhan batang rumput.
Tumbuahan batang basah memiliki batang yang lunak dan berair misalnya bayam.
Tumbuhan batang berkayu memiliki cambium, cambium. Adalah bagian didalam batang yang hanya dimiliki tumbuhan batang berkayu. Cambium mengalami dua arah pertumbuhan. Pertumbuhan cambium arah luar membentuk kulit. Pembentukan cambium kearah dalam membentuk kayu. Akibat pertumbuhan cambium, batang bertambah besar. Batang berkayu dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping dikotil, contohnya pohon rambutan,nangka dan mahoni.
Tumbuhan batang rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan sering berongga. Batang rumput dimiliki oleh tumbuhan monokotil misalnya padi dan rumput-rumputan.



   E.     Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Daunnya
Ada berbagai macam bentuk daun. Bentuk daun dipengaruhi susunan tulang daun. Berdasarkan susunan tulang daunnya, tumbuhan dapat dibedakan menjadi 4 golongan, yaitu tumbuhan bertulang daun menyirip, tumbuhan berdaun menjari, tumbuhan berdaun sejajar, tumbuhan berdaun bertulang atau melengkung.
Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip ikan, tulang daun menyirip umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil misalnya daun mangga.

Tulang daun menjari berbentuk seperti jari-jari tangan, umumnya terdapat pada tumbuhan berbiji dikotil, miasalnya daun singkong dan daun papaya.

Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun sirih, gadung, dan genjer.

Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar tiap-tiap ujung tulang daun tersebut menyatu. Tulang daun sejajar lazimnya terdapat pada tumbuhan biji monokotil, misalnya rumput.

   F.      Sistem Jarinagan Pembuluh (vaskuler)
Sistem jaringan pembuluh menghubungkan dua titik tumbuh pada tumbuhan yaitu akar dan batang. System ini terdiri dari dua yaitu xylem dan floem, xylem yaitu kumpilan sel yang tersusun membentuk sebuah tabung, yang berguna mengankut air dan mineral dari akar ke daun. Sedangkan floem berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan sekaligus mengeluarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

0 comments:

Post a Comment